Vertigo Kepala Seperti Berputar? Ini Penyebab dan Cara Redakannya

  • Bagikan
ILUSTRASI SESEORANG MENGALAMI VERTIGO KEPALA PUYENG SEPERTI BERPUTAR./FOTO by jcomp/Freepik

3 Menit Waktu Normal Baca Artikel Ini

Kudusehat – Mengalami perasaan berputar, bergoyang, miring, atau jatuh adalah Ilusi atau sensasi yang disebut vertigo. Vertigo sendiri bukanlah diagnosis penyakit, melainkan gejala.

Orang yang mengalami vertigo akan merasa seolah-olah benda di sekitarnya berputar. Dalam beberapa kasus, gerakan berputar itu terasa sangat cepat sehingga penderitanya kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Karena itu, kebanyakan orang yang menderita vertigo tidak bisa melanjutkan aktivitas dan harus beristirahat.

Gejala lain yang menyertai vertigo termasuk mual dan muntah. Serangan vertigo umumnya terasa dalam beberapa jam dan bisa reda sendiri dengan istirahat.

Baca Juga : Kamu Sedang Kena (Gangguan) Mental Jika Satu Dari Tiga Kondisi Ini Terjadi

Namun harus ada langkah lebih lanjut untuk menangani vertigo secara medis agar tidak terus kambuh dan mengganggu aktivitas keseharian.

Meski begitu, cara mengatasi kepala pusing seperti berputar ini tergantung pada penyebabnya. Seringkali vertigo menandakan ada gangguan pada sistem keseimbangan di dalam telinga. Untuk mengetahui secara pasti, butuh pemeriksaan oleh dokter.

Dikutip dari Primaya Hospital, bahwa sebanyak 25 persen kasus vertigo terjadi karena BPPV (benign paroxysmal positional vertigo). Hingga kini penyebab BPPV tak dapat dipastikan. Ada kemungkinan kelainan struktur itu disebabkan oleh hantaman atau tumbukan pada kepala atau cedera di area telinga dalam.

Selain itu ada juga beberapa gerakan atau posisi kepala yang bisa memicu vertigo BPPV, diantaranya ;

1. Berguling,
2. membalikkan tubuh,
3. mengangkat atau menurunkan kepala,
4. menggerakkan kepala secara cepat,
5. melakukan gerakan aerobik dalam intensitas tinggi,
6. serta guncangan pada kepala.

  • Bagikan