90 Persen Penderita TBC Tahun 2024 Diminta Menkes Budi Gunadi Sadikin Agar Diteksi

  • Bagikan
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. IST

Kudusehat – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meminta seluruh jajaran kesehatan agar prioritaskan pencarian para penderita TBC, sehingga 90% dari jumlah itu dapat terdeteksi di tahun 2024 melalui pembenahan upaya surveilans.

”Dari 824 ribu penderita TBC, saya minta di 2024 sebanyak 90% harus sudah terdeteksi by name by adress (nama dan alamatnya, red.), tegas Budi dalam sambutannya di acara Indonesia Tuberkulosis International Meeting (INA TIME) 2022 ke 4 di Bali, Jumat kemarin (9/9) dengan tema ”Readiness To Collaborate For TB Elimination’.

Menurut Menkes Budi, pihaknya sudah membuat protokol yang baru. Kerja sama dengan berbagai asosiasi dan organisasi profesi. Termasuk juga mendorong dana Global Fund agar terealisasi lebih cepat.

”Prinsip penyakit menular adalah kita harus tahu di mana mereka dan kita harus selamatkan mereka itu adalah tugas pertama yang paling prioritas,” tukasnya.

Sebagai upaya pencegahan dan pengobatan maka harus lebih cepat mengetahui jenis varian bakteri TBC yang menyerang seseorang. Hal itu bisa dilakukan dengan alat genome sequencing yang terus dikembangkan.

Dalam waktu dekat akan dilaksanakan pilot project genome sequencing mobile, dimana saat ini sudah tersedia genome sequencing baru seukuran handphone, sehingga pendeteksian varian bakteri bisa dilakukan dengan cepat, dan pasien bisa segera diberi obat yang tepat.

  • Bagikan